Reparasi monitor – dibuang sayang..

Kurang lebih 6 bulan yang lalu ketika tulisan ini dibuat, jayadin sedang asik di depan kompie tak ada hujan, tak ada badai tiba-tiba tampilan layar berubah menjadi gelap gulita. Melihat led indikator pada cpu menyala jayadin langsung berasumsi bahwa monitor mengalami kerusakan, bergegas jayadin mengambil sebuah obeng untuk membuka case monitor, setelah terbuka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan beberapa panca indera kita seperti peraba, penglihatan, penciuman. Kenapa? karena cara ini dianggap cara yang paling tepat jika kita tidak mempunyai toolkit untuk memperbaiki monitor he. Kita bisa melihat bagian yang rusak secara langsung seperti terdapat komponen yang hangus terbakar, meraba komponen yang hancur karena ledakan ataupun mengendus bau bahan semikonduktor yang terbakar tapi untuk yang satu ini jayadin sarankan bila kamu terpaksa melakukannya lakukan sebentar saja, jika kamu melakukannya dalam waktu yang lama jayadin khawatir hewan peliharaan tetangga sebelah jadi BT, pekerjaan mengendusnya diambil alih. Walaupun bukan langkah yang profesional dalam kasus tertentu telah terbukti keampuhannya.

Dibandingkan langkah diatas, langkah ini sedikit membutuhkan keahlian dan teknis. Pada kasus ini layar monitor padam. Kita berasumsi tidak ada tegangan yang masuk, maka kita mengaju kepada sumber tegangan/catu daya/power supply. Untuk mengetahui letak power supply tersebut sangat mudah yaitu letak dimana kabel power AC berada (bukan kabel data) setelah mengetahui letak power supply langkah selanjutnya memeriksa fuse/sekering dengan menggunakan multimeter(ohmmeter) jika putus segera ganti, jika tidak putus, langkah selanjutnya memeriksa output tegangan pada bagian pow.supp(biasanya output tegangan DC +5V,+11V,+12V,-18V,+18V,+180V, tidak mutlak tergantung monitor kamu) biasanya pada PCB tertulis nilai-nilai tegangan outputnya itu bisa kita gunakan sebagai referensi(pengukuran menggunakan voltmeter DC) pilih skala yang dianggap paling aman jika kamu mengukur teg.out +12V gunaka skala diatasnya. Jika terdapat nilai tegangan yang tidak sesuai atau bahkan tidak mengeluarkan tegangan periksa komponen-komponen yang terhubung pada output tsb(terlebih dahulu monitor dalam keadaan OFF) jika terdapat komponen yang rusak segera ganti.

Jika semua teg.out baik maka langkah selanjutnya adalah pemeriksaan ke bagian horizontal. Kenapa? karena pada bagian ini terdapat tegangan menengah sekitar 100V atau lebih(tidak mutlak) untuk mesupply bagian teg. tinggi(hati-hati ya pada bagian ini! sengatannya lumayan loh, mo coba?) dimana letak bagian horizontal ini ya? Oia untuk mengetahui letak bag. horizontal kamu bisa mengidentifikasinya dengan melihat pada dinding tabung layar ada semacam kabel yang ujungnya menyerupai stetoskop(punya dokter itu lo) tetapi terbuat dari karet tahan panas yang elastis dan menempel pada tabung tsb dari sana kamu bisa mengikuti kemana kabel tersebut berlabuh. Ya kabel tersebut adalah kabel anoda FBT(Fly Back Transformer) dimana outputnya tegangan tinggi berkisar 10-25KV. Jika hendak melepas anoda pada tabung sebaiknya groundkan terlebih dahulu. Kamu bisa memulai memeriksa bag.ini, terdapat transistor output horizontal(HOT) periksa apakah dalam kondisi baik/tidak, horizontal transformer putus/tidak, periksa semua komponen pada bagian ini biasanya sering terjadi kerusakan pd HOT ini tegangan pada bag. ini berkisar antara 100-200V jika tegangan tidak menunjukan nilai tersebut, ada kemungkinan nilai hambatan dalam transistor berkurang atau bahkan short ganti komponen ini tidak semua kasus karena HOT yang rusak bisa saja resistor,diode,kapasitor pada bag.ini rusak. Jika pada bagian ini tidak mengalami kerusakan.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa tegangan pada tabung letaknya di ujung leher tabung,lakukan pengukuran pada grid2, katoda teg. berkisar 100-500V (ga mutlak) jika tidak terdapat tegangan periksa komponen pendukung disekitarnya. Oia beberapa kasus untuk kerusakan ini dapat terjadi karena IC program mengalami kerusakan, IC tersebut tidak dapat mengeluarkan teg.rendah untuk me-switch bag. teg.tinggi. Untuk kerusakan FBT dan tabung layar jarang sekali terjadi jika tidak terjadi benturan yang sangat keras mengenainya. Jika semua telah selesai dilakukan dan tidak terdapat kerusakan, maka yang kamu alami sama seperti jayadin, semua komponen telah diperiksa tidak terdapat kerusakan tetapi monitor masih saja membisu. Sudah putus asa! ingin sekali membanting si moni tapi apa daya keberadaannya sangat diperlukan, jadi untuk sementara waktu jayadin tinggalkan untuk menenangkan diri.

Hasrat untuk mengoprek kembali timbul setelah seorang famili datang ke rumah untuk curhat(ya, yg dicurhatin ga jauh-jauh dari permasalahan teknologi) kebetulan dia menguasai bid. elektronika untuk hal reparasi monitor tidak asing lagi. jayadin disarankan untuk menyolder ulang komponen yang terlihat kusam/tua, karena mungkin kerusakan terjadi karena solderan yg kendur. Mendengar saran tersebut jayadin langsung menyolder ulang semua solderan yang tampak tua. Setelah penyolderan selesai, jayadin coba menyalakan moni tsb dan ternyata monitor yg selama ini membisu gak melek-melek tetap membisu dan ga melek-melek juga. Huh benar-benar pekerjaan yang membosankan. Beberapa bulan berlalu entah dari mana motivasi datang untuk memperbaiki kembali(penasaran kali ye) jayadin mecoba mengganti beberapa komponen yang dicurigai rusak walaupun nyatanya tidak rusak. Mungkin Tuhan telah memberikan jalan kepada jayadin, karena tak ada permasalahan yg selesai jika kita sendiri tak menyelesaikannya dan tak sengaja jayadin melepas kapasitor coupling antara HOT dengan IC autosync deflection 47p 2KV dan menggantinya dengan 150p 1KV untuk sementara waktu karena kebetulan ditempat jayadin ga tersedia kapasitor 47p 2KV. Kapasitor penggantinya pun jayadin dapat dari bangkai monitor dan hanya satu-satunya jika lebih dari satu mungkin jayadin bisa menserinya agar lebih mendekati nilai 47p.

Dengan pesimis jayadin mencoba menyalakan monitor tsb dan jayadin tidak berharap banyak dengan mengganti kapasitor ini, karena selalu gagal dan akhirnya setelah hampir 6 bulan si moni bisa melek lagi. Waktu yang sangat lama untuk memperbaiki monitor… bukan? maklum newbie (seperti kata abang kita itu) masih tanya sana-sini, tapi walaupun demikian jayadin dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga untuk jayadin, sesungguhnya memang kesalahan jayadin yang kurang teliti karena memang kapasitor tersebut mengcoupling signal untuk mengaktifkan driver horizontal dan berfungsi sebagai soft start atau protection dan juga jayadin mengalami kesulitan dalam melakukan pemeriksaan kapasitor 47p 2KV dengan menggunkan ohmmeter, sesungguhnya pemeriksaan tersebut menggunakan kapasitansimeter, walaupun beberapa kapasitor berkapasitas mikrofarad seperti elco dapat menggunakan ohmmeter untuk mengetesnya. Semoga pengalamana jayadin ini dalam memperbaiki monitor dapat bermanfaat bagi semua, terutama bagi kamu yang ingin memperbaiki monitor sendiri, asalkan ada usaha pasti di situ ada jalan.

88 thoughts on “Reparasi monitor – dibuang sayang..

  1. jay

    wah..kita nggak punya Bli Made. Maklum modal nekat sama tanya sana-sini. Kita juga mau tuh klo ada yg ngirimin buku panduannya, lumayan bwt belajar.

    Balas
  2. made putra

    yang nekad jay…atau …jay yang lain, pengalaman saya kalau perbaiaki hardware komputer dengan modal nekad nanti bisa….tekad jadi gundul alias sana sini nimbrug nie…..

    Balas
  3. jay lg

    bisa ancur maksdnya? Bisa. klo saya sih dah banyak ngancurin hardware maksnya sih mo benerin tp malah ancur, dari yg ancur itukan kita bisa belajar klo kompn ini yg rusak bagian apa or gejalanya ky gimana, ya lama kelamaan jd ngarti deh. Ya klo ga nekad kpan bisanya (jd inget pesan abang kita) :-)
    nb:
    Knpa nekad? klo kta ingin mlkukan ssuatu hal tp kta mrasa ragu utk mlkkannya dkrnakn suatu hal maka kita sma sja brjlan ditmpt ga ada hsl yg kta dpat, utk itu “nekad” mrpkan suatu modal awal utk berusaha selain niat tentunya, entah hsl yg kta dpt 1 or 0 kta mmang hrs mncbanya, spaya kta tau apa hslnya. kgglan dan kebrhsiln mrpkan suatu proses, dimna dlm proses tsb ada suatu pmbljarn bwt kta, mkin bnyak kta bljar smkin bnyk pngalman yg akan kt dpt (klo dah brpnglman ga prlu nekad lg kali ya! kan pengalaman guru yg sangat berharga. Ya kan ?) Ya Pak Gru! :-P GUBRAK! :-D

    Balas
  4. CHESAR

    Mas Jay khan monitornya gelap total…nah kalau monitor lawas saya masih bisa kebaca tulisan2nya tapi warnanya kagak keluar,gimana dong
    cara memeriksanya.Mungkin tinta warnanya habis kali ye…he..he emangnya printer..mohon pencerahan dikit biar nggak gaptek nih…

    Balas
  5. jay jawab

    He bung Chesar bisa aja, mungkin jg tinta warnanya abiz. Ya, klo gambar ga ada warnanya kan bisa di warnain pk pensil warna he..he :-D biasanya sih klo monitor dah uzur, gejalanya kya gitu. KLo ga gambar ga jelas tulisan or warnanya. n Yang saya tau sih klo masalah warna kita bisa periksa di bagian RGB matrik (letaknya ada dibagian ujung tabung CRT) ada semacam trimpot bwt ngatur warna-warnanya, kali aja ada salah satu trimpot yang rusak gak bisa diatur lagi or bisa juga transistor dibagian itu ada yang rusak jadi signal warnanya kagak masuk gitu. kayaknya segitu dulu deh jawabannya, sorry klo pencerahannya kurang bgtu mencerahkan coz saya juga masih remang2 neh.

    Balas
  6. jay-jay Penulis Tulisan

    oia ada yg tau ga toko elektro yg paling lengkap, coz sampai sekarang saya blm dpt c 47p 2KV. Pake 150p 1KV masih bermasalah kadang2 mati sendiri mungkin Frekuensi atau tegangannya kurang pas kali ya (koreksi jika saya salah)

    Balas
  7. doni setiawan

    Bagi yang mau blajar kayak mas jay dgn tanya sana- sini ok juga tapi hrs disaring dulu benar tdknya ntar malah nambah penyakit (bisa bongkar nggak terima pasang, he”he). Tapi yg perlu dicamkan adalah dlm elektronik dasar2 pengetahuan mengenai komponen terlebih dahulu, minimal seperti sifat dan karakteristiknya. Baru setelah kita bisa tau itu, kita bisa melangkah kestep yg berikutnya yaitu cara menganalisa pada rangkaian terbuka dan tertutup. segitu dulu ya ntar aku sambung lagi bagi yg kesulitan tentang elektronics atau spare parts bisa email ke donisetu@telkom.net, insya allah saya pasti akan membalasnya, bukan iklan lho mas jay. salam hangat buat rekan2 semua. WASSALAM

    Balas
  8. jayus

    Terima kasih mas Doni, iya deh nanti klo saya kesulitan ttg mslh elektronik bsa btanya ke mas Doni.
    Wah di sini bebas aja mas, mw curhat ke, mw ngiritk, promosi iklan apa aja pokoke bermanfaat dan bisa mendidik, Ya kaya mas Doni ini mw berbagi ilmunya. Thx ya :-)

    Balas
  9. she doel

    salam kenal….?
    om jay….!!!!
    aku mau nanya bolehkannnn????
    sblmnya kami ucapkan banyak terima kasih kalau dbls.

    kami punya masalah cara memblandrek play back monitor merk samsung 15″ ty[e magic monitor
    yang tombolnya empat 4 itu lhooo.
    kalu masalah blandrek play back yang lain kami tanpa masalah…
    makasih ya atas jawabanya….

    Balas
  10. wonocomputer

    pak bos…..help me….kebanyakan kalau monitor yang k.o. itu transistor horisontal…..n flyback. kalau mau cari transistor horisantal or flyback monitor dimana yaa….help me…..buat yang mengetahui help me……..ym:wonocomputer@yahoo.com

    Balas
  11. sidik

    Assalamua’alaikum mas don!
    saya mo nanya nih , monitor saya mati total, bagian mana aja yang perlu diperiksa dan cara memperbaikinya

    Balas
  12. bebe

    mau tanya ne mas jay
    monitor(compaq 611 P50) kompi aku padam..
    kasusnya lagi dipke tba2 gelap tpi lmpu standby-nya aktif (hijau-orange gantian berkedip ) aku ganti HOT-nya dan resistor. aku test, lampu indikator nya dah normal tpi gambar gak nampak, setelan contrast dan brightnes nya dah aku stel, tpi ttep aj gelap gulita. trus, aku puter aj potensio yg ad di FBT-nya yang untuk “Screen” eh, malah rusak lagi kyak semula. Trus aku cek lagi HOT-nya tnyata dah korslet lagi.skrang tiap diganti HOT-nya langsung korslet.
    Kira2 ap ya mas jay yang kena, apa mungkin monitor ato FBT-nya rusak krana aku berlebihan nyetel “Screen-nya”. Apa sja yang perlu di cek menurut mas jay…
    tolong bagi ilmunya ya mas
    Thanks

    Balas
  13. doni setiawan

    Mas jay saya mao usul aja nih gimana klu forumnya dikasih link klu ada yg mau tanya-tanya. Trus jawabannya bisa dipublikasi di forum ini jadi yang mau belajar biar bisa tau semua tidak perorangan. Tulisan ini saya buat karena banyaknya email yg masuk ke saya. Khan enak nulisnya gitu lho mas jay. Thanks.

    Balas
  14. Vubuntu

    Aku juga lg perbaikin monitoku nih, jadi cari2 tutor. Emang kalo gak nekat aku gak bisa apa2. Semua data2ku pernah hilang gara2 instal knoppix tetapi sekarang udah bisa ngajak temen2 pake linux. Jurus pamungkas: bebas virus

    Balas
  15. Vubuntu

    Kebanyakan curhat jadi lupa mau nanya. Monitorku kok warnanya agak merah2 gimana gitu. Dulu sih aku tamparin sedikit aja blk lagi, tp sekrg uda kebal kayaknya, help me! Tuning trimpotnya waktu moni nyala ya? Iih, takut.

    Balas
  16. hadi

    Om jay, punya tutorial komplit tentang reparasi monitor? please kirim ke e-mailku ya.. itu akan sangat membantu saya. Trims.. d:-)

    Balas
  17. widodo

    mas saya mau tanya .
    apa penyebabnya monitor konsleting??? jika dinyalakan lampu tiba2 mati.
    padahal setelah saya cek sepertinya nggak ada kabel yang berhimpitan.

    Balas
  18. Lonkay

    Numpang2.. mo coba jawab prtanyaan mas wididi… wehh widodo..
    coba mas cek di drh ACmatik. apakah apakah ada dioda yang rusak, test dengan AVO meter. itu az dulu.. klo salah tlng dikoreksi.. maklum belajar jg.

    Balas
  19. Lonkay

    saya ingin ikutan nimbrung disini…. boleh kan.. soalnya saya banyak monitor jg neh yng bisa saya perbaiki…. yah… modal coba2.
    terima kasih ma mas jay.

    Balas
  20. abang

    salam kenal om,

    om bisa ga pakai foto-foto, sehingga kita2 jadi sangat terbantukan untuk memperbaiki monitor…abis perkejaan ini jadi mata pencarian saya..

    thanks atas pengalamannya..

    Balas
  21. hery

    hello bung jay … dan semuanya …
    saya mau tanya nih tentang monitor
    1. monitor saya ketika sedang dinyalakan kurang lebih 2 jam tiba tiba mati dan tidak mau nyala lagi. di cek kabel powernya tetep mati. lampu indikator monitor juga mati. tolong dong minta pencerahan dari semuanya …
    2. monitor saya yang kedua gambarnya tidak fokus kalau dinyalakan lama lama tampilanya kabur sehingga teks nya jadi tidak kebaca dengan jelas. sekali lagi tolong donk semuanya ..

    terimakasih

    Balas
  22. J

    Ya coba jwb permasalhan sdr. Hery. Tapi mngkin agak singkat;
    1. Cb deh periksa di bagian power supply, mungkin ada kompenen yang soldrnnya sudah terlepas atau bergoyang, bisa juga cairan kapasitor sudah aus.
    2. Kynya bermasalah dengan Trafo Flyback biasanya klo trfo bermasalah fokus dan screennya susah di atur bkin gambar jadi kabur.
    mngkin hanya gris besarnya sj yang biasa saya bantu. smga berhsil

    Balas
  23. Plankton

    mas mo tnya, klo monitor Samsung samtron teg nya drop itu biasanya ap? udah tak cek keluaran trafo swiching gak ad yang konslet, so tlng bantuannya.

    Balas
  24. idris setiawan

    ass. halo mas jay,saya sekarang baru kerja di jakarta,saya baru dapat artikelmu dan saya sangat seneng banget karena saat ini saya memang butuh bantuan untuk menyervis rangkaian elektronika, mau gak kasih artikel buat saya tentang langkah-langkah lengkap cara perbaikan power supply dan monitor sekaligus persamaan transistor? sebelumnya saya sangat terima kasih mas jay.semoga amal ini jadi berkah buat mas jay….
    alamat email saya idrissetiawan@yahoo.com

    Balas
  25. gie

    mas klo menurut saya yang paling susah mengenai monitor adalah mencari komponen pengganti yg sudah rusak,paling dapatny dr hasil nyabut dr monitor bekas lain taw nyari persamaanny…klo g nemu2 jg udah dch mentok,soalny nyari2 d toko elektonik jg jarang da yg jualan..

    Balas
  26. stevand

    mas jay, klo monitor lagi dipake tiba-tiba gelap, gak ada sinyal alias gak nembak bagaimana tuh? tapi lednya kedap-kedip. padahal baru 4 bulan diservis loh. thanks

    blog.evancode.com

    Balas
  27. m4_4nd

    ohm……

    klo bisa penerangannya menggunakan gambar dongk…..

    biar ga’ GABUK…..
    bacanya……
    he he he he he…

    Balas
  28. I Made Suwida, A.Md.Kom

    mass jay.. maaf ya aku baru nongol nih minta tolong dong bantu carikan buku tutorial service monitor dan alamat website monitor service. thx.

    Balas
  29. Maulana

    Halo Om Jay…boleh juga tuh tehnik reparasi monitornya..kalo ada sieh tutorianya gitu..hehe
    Btw, saya juga punya monitor kesayangan, AOC Silver-Black yang udah 1thn ini selalu muncul menu settingan yang keluar secara beruntun bikin pusing, dan hebatnya lagi tuh settingan ngatur semaunya sendiri. Ada solusi gak Om? dan tak bawa ke puluhan tukang servis pada angkat tangan semua padahal saya bukan mau nodong loh….

    Balas
  30. ima

    mas mohon bantuanx yah, gmn sich nyeting monitor yg over frequensi? monitor comp q dulu LG CRT 15 trus krn rusak q ganti dengan monitor SPC CCRT 15 VGA. sdh q setting dgn mengubah resolutionx 1024 by 768 pixels dgn screenx 60/75/85 hz, ttp g bs. trus q ubah lg resolutionx 800 by 600 dgn screen 60/75/85 hz jg g bs….
    tolong yah penjelasanx….

    Balas
  31. PITER

    buat siapa aja yg mo konsul smua kasus tentang monitor,bisa call saya di {0274}7450056 khusus jam 10 s/d 12 siang konsul gratis,ato kl anda di jogja bisa langsung dibw di tmp praktek saya. unt alamat bisa call dulu. pengalaman saya 9 thn diteknisi smua hardware komputer.kbanyakan pasien sy monitor crt.e-mail aku suka_huah@yahoo.co.id

    Balas
  32. Dade

    Salam kenal….
    saya dari Dompu-NTB, udah hampir setahun saya cari buku yang membahas teknik repasari monitor, tolong bang Jay… bukunya yang lengkap ya… kalo bisa di kirim aja ke email saya, kalo masalah harga gak usah kwatir, saya tunggu infonya, mohon saya dibantu Bang….
    dengan segala hormat, sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas bantuanya.

    email : auliyacantik@gmail.com
    HP. 085 239 674 700.

    Balas
  33. Rena Sanjaya (Anja)

    Ini yang saya cari, saya sedang memulai usaha service komputer dan elektronika. Dan saya menemukan artikel yang saya anggap sangat berguna untuk saya. Terimakasih atas artikelnya mas Jay, Mohon ijin untuk menaruh di blog saya.

    Balas
  34. mancaracat

    Salam kenal p jay, sy mhn dapat menggirim tutorial cara memperbaiki monitor dan datasheet equivalen ic & komponen monitor, mohon dpt kiranya dikirim ke e-mail sy:eirpass@yahoo.co.id

    Balas
  35. ukie

    mas jay monitor saya mati pas dicek resisornya terbakar pas yg dibelakang anoda FBT(Fly Back Transformer) kan disitu ada dua resistor, yg terbakar yang ke dua dari luar sy sudah tanya2 tdi ada yang tau ukuran resistor tsb mohon bantuannya sy butuh ukuran resistor tsb sebelumnya thx

    Balas
  36. aiwan

    Sama seperti saya mas tapi punyaku belum juga sembuh
    gimana mas cara perbaiki monitorku,karena punyaku jika dihidupkan normal,tapi 5 menit kemudian timbul garis horisontal yg banyak dan nggak bisa dilihat,semuanya sudah saya cek saya solder tapi juga blm nemu juga
    coba minta saranya donk…
    trims

    Balas
  37. Hanung

    Saya memiliki problem dengan monitor saya. Monitor saya CRT merk Samsung, Syncmaster tipe 753DX 17 inch. manufactured date yg tercantum di belakang case monitor adalah October 2002, dibuat di Malaysia. Yang mau saya tanyakan adalah:
    1. Mengapa tampilan monitor saya keunguan, saya rasa “green” mati tapi red dan blue berjalan normal… apakah ada problem di RGB-nya?
    2. Saya coba mengoprek sendiri, tapi kesulitan ketika akan membuka casing monitor tsb. Saya sudah membuka kedua baut di belakang casing, namun tak dapat ditarik maupun dibuka. Apakah ada solusi bagi saya untuk menyelesaikan masalah ini?

    Balas
  38. ajuy

    slm kenal mas sy ajuy, sy mau tanya, monitor sy advance P2S-5, tidak bs hidup, tegangan d kaki2 trafo naik turun, trus sebelumnya ad IC yg kebakar sy tdk tau tipe IC nya soalnya gosong, klo sy lihat d monitor merk TVM sih IC nya KA 3842B, memang sama kakinya 4×2 dan posisi IC nya d sekitar regulator, tp sy tidak tau apakah IC yg d pakai d monitor sy sama atau tidak, mohon bantuannya y mas,,, terima kasih sebelumnya

    Balas
  39. idrus

    ass.. om Jay, nih saya pnya monitor, sebener’a normal dan tampilan desktop’a masih apik.. tapi layarnya berwarna hiijau.. bagaimana tuh om… kirimin solusi’a ke email aku ini…. ku tunggu….

    Balas
  40. anwar

    Mas Jay mohon pencerahannya, monitor saya IBM G40, layarnya mati tapi lampu led normal, ketika coba dihidupkan keluar suara mendengung seperti resolusi terlalu tinggi, bagian apa yang rusak? mohon percerahannya.

    Balas
  41. ardy

    mas nanya.. kalo monitor samsung sri magic monitor.. tu layarnya goyang kedip tu gimana?? rusak bagian apa?? maksih

    Balas
  42. fathurrohman

    mas saya pingin lebih mendalam balajar monitor mohon bimbingannya dan kalo ada buku panduan atau tutorialnya mohon kirim ke emailq. trims

    Balas
  43. samsul

    saya mau nanya masalah moni ,masalah nya moni saya itu
    kiri dan kanan gelap 1/3 bagian aja yg terlihat gambar nya
    apa ya kira-kira rusak nya ya dan apa yg saya harus perbaiki

    Balas
  44. amak

    Mas jay. monitor sy ga ada tampilannya ketika ganti display. tapi lampu hidup normal cuman rada redup. klo mau idup harus dicabut kabel strumnya, trus di colok lagi. kira” penyakit monitor sy knp ya??cara memperbaikinya gimana mas.. mohon bantuannya

    Balas
  45. Domu

    Mas Jay!!
    aku mo nanya, Klo Monitor layar nya menjadi putih knp…? apa Mungkin Playbacknya yg rusak..?

    Balas
  46. veri

    nice info mas… mo konsultasi nih… moni saya juga ada problem nih. Sama ada vertikal nya yg rusak apa gimana kurang jelas juga. moni ini sering melebar kebawah dan keatas gambarnya…. trus jadi garis2. Sampe harus pake kekerasan dengan mukul moni nya dulu baru bagus gambarnya… tapi lama kelamaan berulah kayak gitu lagi… kira2 ada hubungan dengan nyolder ulang semua solderannya ga ya? TQ

    Balas
  47. jadul gunawan

    Mas jay, monitor LG 15 CRT saya tiba2 mati, tapi selang waktu yg lama kadang mau dinyalakan, tapi setelah dimatikan ga mau nyala lagi tuh. Nunggu waktu yg lama & kalau beruntung nyala kl ga beruntung ya coba lagi, kira-kira apanya yah yg rusak, apa kapasitor koplingnya jugakah? ;)

    Balas
  48. paijoe

    ada yang bisa bantu saya????/ dimana saya bisa dapatkan skema monitor ya……every body help me, please

    Balas
  49. misriadi

    mohon petunjuknya dwonk,…. monitor LG 17″ saya tiba2 mati, lalu tombol pwr-nya ga’ berfungsi lagi tapi lampu pwr-nya nyala terus ga’ bisa mati kecuali kabelnya di cabut, tolong kasi tau donk apa yg hrs saya lakukan pd monitor saya & bagian apa saja yg hrs saya ganti…? please,… soalnya I pengen banget bisa perbaiki monitor sendiri, soalnya kalo ke service center-nya jauh bangetz , hehehehehe………

    Balas
  50. Eko S

    Saya ada beberapa artikel yang berkaitan dengan monitor. mungkin bisa membantu teman2x semua. Silahkan kunjungi blog saya di ekohasan.blogspot.com. Kalau ada yang punya masalah monitor, insyaAllah akan coba saya posting masalah monitor tersebut.

    Balas
  51. Deci A sardi

    Dua duanya monitorku bermasalah, yang satu redup dan yang satu ga bisa ngangkat…eeehh pas kucoba ilmu ghatuk N nekat malah kedua-duanya amburadul….pas kutanya ma tukang service jalan satu-satunya harus di lem biru (dilempar ganti yang baru). Rekan2 barangkali ada yang punya panduan atau tutorial monitor…tolonnng dech pandu aku…so pasti hadiah menantiii he he he……..

    Balas
  52. jeje

    ya iya brow, klu nekatnya gak berlandasan alias asal bongkar,
    ya minimal tanya dulu sma yang dah paham klu kerusakannya seperti ini apa yg harus diganti/benerinnya dan gimana cara menggantinya.
    klu panduan coba deh cari2 di mbah gogel. Thx

    Balas
  53. kikana

    om jay …. nie gue punya moni pas lagi enak2nya ngakses tuh moni langsung blank alias gelap gulita padahal sinyal yang dari kompie masuk tus lamp indikator berfungsi dengan normal …. cuman gak bisa keluar gambar, gimana nie om solusinya ??? ….. thanks perhatiannya om jay ….

    Balas
  54. farrel

    Pak Jay, kalo aku sih punya monitor masih bagus (fisiknya maksud’te), tapi warnanya dah kurang bagus. Terutama keluaran warna putihnya itu lho… meluber (njlembret bahasa jawanya), knp ya kira? trus kasih tau dong solusinya… aku punya dasar elektronik, tp dikit… jadi mohon petunjuknya ya… ( monitor merk advance model p2s-5 kalo g salah typenya aku liat di casing belakang )

    Balas
  55. Mizan

    mas jay, sy pux monitor msih bgus sih.
    tapi kok gak mw hidup ya, indikatorx cuma kedap kedip aja.
    minta solusix dong mas, langkah apa aja yg harus sy lakukan untuk memperbaiki monitor sy.

    Balas
  56. rudywing

    Alow Mas salam kenal..

    kalo monitor hidup dan mati dgn interval 1-2 detik knapa ya? setelah power supply dibetulin dan TR horizontal diganti jd seperti itu, tadinya mati total. kemudian TR horizontal dicopot supaya tabung, TR HORizontal dan FBT tidak bekerja. di IC keluaran DPMF dan DPMS selalu berkedip/flip-flop 1 – 2 detik. apakah IC ini penyebabnya atau IC ini butuh feedback dari video atau FBT sehingga seperti flip-flop? mohon bantuannya

    terima kasih

    Balas
  57. rudywing

    Alow Mas salam kenal..

    kalo monitor hidup dan mati dgn interval 1-2 detik knapa ya? setelah power supply dibetulin dan TR horizontal diganti jd seperti itu, tadinya mati total. kemudian TR horizontal dicopot supaya tabung, TR HORizontal dan FBT tidak bekerja. di IC keluaran DPMF dan DPMS selalu berkedip/flip-flop 1 – 2 detik. apakah IC ini penyebabnya atau IC ini butuh feedback dari video atau FBT sehingga seperti flip-flop? mohon bantuannya

    terima kasih

    Balas
  58. Anim Nuju

    Salam kenal mas Jay, aku punya monitor samtron 75E, ketika di nyalain indikator kedip, tetapi kemudian bersamaan relay on indikator mati ( drop 0, tolong dibantu gimana solusinya. trims

    Balas
  59. isa

    salam kenal mas.
    mas aq mau tanya.di monitor PC q dia gak mau nyala tapi indikator powernya kelap-kelip terus.biasanya kalo aq hidupin lama nyalanya cepet.tapi kalo uda di off kan lama untuk hidup kembali susahnya minta ampunn.itu karena apa ya mas.. ??
    makasih mas.(merk monitornya LG)

    Balas

Tinggalkan Balasan

