membuat robot sederhana u | anak-anak

abot

Hai apa kabar? wah kebetulan dirumah banyak mainan yang rusak maklum anak-anak, setiap kali rusak minta dibelikan lagi, iseng lihat-lihat instructables.com ada hal yang menarik yaitu membuat robot sederhana, disamping mudah untuk membuatnya anak-anakpun akan senang jika memainkannya. Okey langsung aja deh jayadin ingin menjelaskan cara membuat robot sederhananya. Alat-alatnya sangat mudah kita dapatkan yaitu dari bekas mainan yang rusak daripada kita buang lebih baik kita manfaatkan, berikut ini alat-alat yang harus disiapkan
  1. Tempat Battre ukuran 2 battre (Battre Holder) 1 buah, bisa dibeli di toko elektronik dengan harga Rp. 1000
  2. SPDT Switch/Micro Switch 2 buah, bisa dibeli di toko elektronik dengan harga Rp. 1500 (2 buah Rp. 3000
  3. Klip kertas secukupnya
  4. Konektor terminal kabel (bisa juga tidak menggunakannya
  5. Dinamo (motor) mainan 2 buah, bisa kita dapatkan dari mainan yang rusak seperti mini 4WD (tamiya). Tapi dengan catatan dinamotor tersebut masih berfungsi/berputar/tidak rusak.
Hanya dengan modal kurang dari Rp. 5000,- kita sudah punya mainan kreatif, canggih! hihihi… maaf berlebihan

Okey. Jika alat-alatnya sudah siap, ayo kita buat ! Caranya sebagai berikut: 

1.        Langkah pertama:
Letakan kedua SPDT Switch di atas tempat battre, kemudian dilem menggunakan lem power (1). Setelah itu kaki SPDT Switch paling atas kedua-duanya saling menyentuh kemudian kita solder (a), berikutnya kaki tengah kedua-duanya kita sambung dengan kawat lalu di solder (b) tempelkan kedua dinamo pada samping tempat battre menggunakan lem power atau lem bakar, menempelkannya agak miring (c). Lihat gambar dibawah ini:
2.       Langkah kedua:
Hubungkan kaki paling bawah SPDT Switch kiri dengan kaki dinamo bagian kiri, begitu juga dengan bagian kanan dengan menggunakan kawat lalu disolder (a). Setelah itu hubungkan kaki dinamo bagian kiri dengan kaki dinamo bagian kanan menggunakan kabel (b). Lihat gambar dibawah ini:
3.       Langkah ketiga:
Sambungkan kabel dari dinamo kebagian belakang tempat battre dengan cara di solder, jangan terlalu lama menyoldernya karena akan mengakibatkan plastik tempat battre meleleh, lakukan dengan cepat (a). Setelah itu sambungkan kabel merah tempat battre ke kaki atas SPDT Switch dan kabel hitam tempat battre ke kaki tengah SPDT Switch dengan cara di solder (b). Lihat gambar:
4. Langkah ke keempat:
Buat roda bagian belakang dengan menggunakan klip caranya klip diluruskan kemudian dilipat menggunakan tang dan masukan klip tersebut kedalam lubang butiran kemudian tempelkan dibagian belakang tempat battre dengan menggunakan lem. Lihat gambar:
5.       Langkah ke lima:
Buat antena dengan menggunakan klip kertas, caranya klip tersebut kita luruskan dengan tang, setelah lurus kita lengkungkan perlahan-lahan. Setelah itu kita masukan klip yang sudah dilengkungkan kedalam konektor terminal jepit dengan tang agar kencang (a) lalu masukan kedalam besi SPDT Switch (b) Lihat gambar! Bisa juga tidak memakai konektor terminal langsung di lem klip kertasnya ke SPDT menggunakan lem power.
6.       Langkah ke enam:
Buat badan robot dengan menggunakan tutup botol plastik, bisa di cat tutup botol plastik tersebut sesuai dengan warnanya (misalkan kumbang). Lihat gambar:
7.       Langkah ke tujuh:
Selesai. Mudahkan, memang mudah asalkan ada kemauan. Sekarang ayo kita mainkan pasti sangat menyenangkan, robot akan berjalan dan ketika antena menyentuh dinding atau penghalang maka robot kumbang tersebut akan membelokan arahnya, menghindari penghalang tersebut. Wuih, seru robotnya bisa bermanuver … hihihi
Tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cukup dengan manfaatkan benda-benda disekitar kita, karena dengan keterbatasan kita bisa lebih kreatif.
About these ads

79 thoughts on “membuat robot sederhana u | anak-anak

  1. Ping balik: Bagaimana Cara Merubah Hobi untuk Mengais Rejeki? | Masih Hangat

  2. eza

    asslm…
    mas, mohon bantu saya bikin mekanik untuk memberi pakan ikan otomatis yang menggunakan timer??
    mohon bantuannya yaa…

    Balas
  3. mbah cipp

    anu gan klo dinamonya d ganti leh g gan ane dah bli yg lonjong yg bulet g ada nieh gan la itu nanti jalannya pake apa dinami 2 hanya buat belokan truz penggeraknya apa gannnnn pleezzz blezzz y gann ane srius nieh gan

    Balas
  4. Lie

    Keren, tadi na ku cuman iseng az browsing tntang robot…
    Eh tau na ksasar dsini…Pengen Buat jga bos…

    Ilmu na sangat bermanfaat,,, :D

    Balas
  5. jayadin

    @mas_eza: sya kurng tau sistem mekanis utk beri pakan ikannya spti apa, aquarium atau tmbak/empang?

    @all: iya, thx. sya jga skedar iseng tdnya untuk edukasi anak, biar gak minta beliin maenan terus ;)

    carakerjanya: hampir sama dengan maenan beroda yang pake dinamo/motordc. bergrak maju-mundur, karena motordc/dinamo bisa berputar searah jam/cw dan berlawanan arah jam/ccw. untuk sensornya mggunakan taktil/kaawat yang trpasang ke sklar, ke 2 sklar tersebut dirangkai kombinasi ON-OFF. jd klo ke2 taktilnya nytuh penghalang dia akan bergerak mundur, kalo hanya satu kiri atau kanan dia akan berbelok (untuk lebih jelasnya bisa cek di Sumber: http://www.instructables.com/id/How-to-Build-a-Robot-The-BeetleBot-v2-Revisite/)

    ——————–
    |kiri|knan|..gerak.|
    ——————–
    |.0..|.0..|..maju..|
    |.0..|.1..|blk_kiri|
    |.1..|.0..|blk_knan|
    |.1..|.1..|.mundur.|
    ——————–
    0= tdk nyntuh; 1=nyntuh

    Balas
    1. jay Penulis Tulisan

      jenis saklarnya mas; SPDT (single pole double throw) spt conth diatas nama saklarnya micro switch(kotak warna hijau) cuma jenis saklarnya SPDT, klo bentuk fisiknya sih macem2 tgntung kegunaanya.

      Balas
  6. kiki

    om bantuin cara bikin ny
    saya berencana bkin robot ini..tpi kenapa pas dipke switch dia ga mau nyala.. Harus di teken dlu switch nya bru nyala..
    Kesalahan ny dimana ya om?

    Balas
  7. bejo

    seru juga
    kk q pny kapal dr stik es krim la nie mo tak ksh mtor
    la q binun untuk mslah kemudi q mo pkai remot tp g tau komponenX
    tlong bntuanX

    Balas
    1. jamal

      Anaku sngat terinspirasi banget dengan robot ini…walaupun sangat sederhana tapi ini sangat bagus untuk dicoba sebagai pemula….terima kasih bagi-bagi ilmunya…

      Balas
    1. aji

      kata guru elektronika saya dalam praktik jangan pernah merasa kalo elektronika itu susah nanti malah tambah susah jadi dibuat slow aja

      Balas
      1. jayadin

        setuju, yg pasti harus suka dulu, segampang apapun klo gak suka ya males ngerjainnya n sesusah apapun klo suka pasti dikerjain terus dan akhirnya bisa..

  8. zoel

    dijual gx Tempat Battre ukuran 2 battre (Battre Holder) 1 buah,
    SPDT Switch/Micro Switch 2 buah
    Klip kertas secukupnya
    Konektor terminal kabel

    Balas
    1. jayadin

      saklar alat untuk memutus-sambungkan arus listrik (seperti contoh digambar: kotak yang berwarna biru telorasin). disebut micro karena ukurannya kecil, walau gak kecil-kecil amat kurang-lebih panjang 1cm tapi untuk ukuran saklar bisa dibilang kecil, banyak macam dan modelnya tergantung kegunaan.

      Balas
      1. aji

        tadi aku ke toko elektronika gak ada yang kaya di gambar adanya yang besar kakinya enam ama yang kecil banget kakinya 4

  9. jayadin

    mgkin kurang lengkap tokonya, coba cari ditoko komponen elektro yg nyediain alat-alat mikroelektronika sama mikrokontroler. biasanya toko yg deket-deket sama sekolahan ato kampus, mreka biasanya nyediain buat praktek. mungkin dtmpat mas aji, permintaan komponen kya gitu kurang jadi tokonya gak nyediain.

    Balas
  10. andhika

    mas . alamat robot anak yang lain dimana mas.
    q dh nyobak berhasil.
    adik q suka bnget.
    dmana lagi ada alamat buat roboot anak mas,.
    mhon bntuannya. trimakasih

    Balas
  11. jayadin

    waduh, klo di kota masing-masing jayadin kurang tau dimana toko komponen elektro yang lengkapnya tapi klo di bogor bisa cari di jalan pengadilan (depan telkom), di depok jalan dewi sartika (samping ex. gudang alpa rabat) klo di jakarta lebih lengkap bisa cari di glodok jaya.

    Balas
  12. alfaresi

    rumah sya di bante

    (serang)
    kak

    tolong ajarin cara bikin robot yg lain klw bisa yg ada gunanya kak
    buat lomba teknologi sederhana antar kls di sekolah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s