Membuat ilusi dengan reflector cermin (Cermin Ajaib)

caPernah melihat bayangan orang menjadi banyak? Biasanya jika kita bercermin bayangan kita hanya 1 (maya: dibelakang cermin) tetapi kali ini yang kita bicarakan bayangannya lebih dari 1, seperti yang ada di iklan suatu produk susu (klo gak salah); seorang anak perempuan dia ingin latihan berbaris tetapi hanya sendiri kemudian dia mendapatkan ide untuk menggunakan cermin-cermin yang ada di lemari dan jadilah banyak (bagi yang gak punya temen bisa dipraktekin di rumah.. hihi ;))

Sebenarnya ini sudah ada sebelumnya dan banyak ditampilkan sebagai alat peraga cermin, klo kita berkunjung ke PPIPTEK pasti menemukan alat peraga seperti ini. Nah, kebetulan anak mendapat tugas sains untuk membuatnya, mungkin gak ada salahnya juga untuk mencoba berbagi pengalaman cara membuatnya. OK! Langsung aja ya ke bahan-bahan yang harus disediakan;

  1. Papan triplex 5mm ukuran 30x40cm
  2. 2 buah papan triplex 3mm ukuran 20x30cm
  3. Kayu lis ukuran lebar 1cm – 1m
  4. 2 buah engsel kecil
  5. Lem kayu
  6. Skrup
  7. Kayu dudukan

Cara membuatnya tidaklah sulit, tingkat SD kelas 5 pun sudah dapat membuatnya (sudah dipraktekan oleh bagus dan yoga) yaitu caranya;

  1. Triplex 3mm dengan ukuran 20x30cm kita pasangkan lis diatas setiap sisinya dengan lem kayu, hasilnya menyerupai bingkai foto (lakukan hal yang sama dengan triplex 3mm yang kedua). Tunggu sampai kering.
  2. Sambil menunggu triplex 20×30 kering, kita buat dudukannya dari kayu yaitu dengan membuat siku sebagai penyangga cermin pertama bentuknya bisa berupa L ataupun segitiga, bentuk tersebut dipotong dengan geragaji kayu.
  3. Setelah jadi kayu penyangganya kita tempelkan ke papan triplex 5mm (dibagian atas kiri). Papan triplex 5mm ini kita jadikan sebagai dasar/alas.
  4. Nah, udah kering kayanya triplex bingkainya. Ini akan kita gunakan untuk meletakan cerminnya, klo sudah kering kita tempelkan cermin kedalam bingkai tersebut dengan menggunakan lem. Tunggu sampai kering, hati-hati loh kalo belum kering jangan didirikan dulu nanti jatoh.. prang, pecah deh.
  5. Sudah kering menempel cermin dengan bingkainya barulah kita pasang kedua engsel kecil dengan menggabungkan kedua bingkainya. Jadinya seperti pintu buka-tutup (anak-anak bilangnya klo di balik seperti laptop)
  6. Langkah terakhir kita  tempelkan cermin yang sudah dipasang bingkai tersebut ke penyangganya (satu bagian cermin saja, karena posisinya nanti 1 cermin diam dan 1 cermin lagi yang berputar/bergerak).

Sudah jadi. Kita bisa letakan benda misalkan koin tepat didepan cermin 1 (yang diam tidak berputar), kemudian barulah kita gerakan cermin keduanya sampai membentuk sudut derajat misal 90o maka akan didapatkan 3 bayangan dari benda tersebut, semakin sempit derajat sudutnya semakin banyak bayangan yang dihasilkan, lebih mudahnya dapat dihitung dengan rumus berikut;

Jumlah bayangan = 3600 – 1
Α = derajat sudutnya.

tiga ratus enam puluh derajat di bagi derajat sudut cermin di kurang satu

Selesai. Selamat mencoba.  (foto alat peraga menyusul)

SAINS itu MENYENANGKAN

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s